Jumat, 05 Oktober 2018

Tomat Bagus Untuk Dikonsumsi Penderita Kanker Prostat

Semua orang tahu bahwa makan tomat itu baik untuk kanker prostat - benar? Internet penuh dengan saran ini berasal dari berbagai studi ilmiah. Contohnya adalah artikel berita pengobatan prostat ini dari tahun lalu yang memberitahu kita makan 10 porsi tomat seminggu bermanfaat, menurut sebuah penelitian di Inggris.



Tomat kaya akan likopen, antioksidan, yang diyakini banyak orang bertanggung jawab atas efek menguntungkannya. Jika ini adalah "fakta ilmiah" maka mengapa hal ini tidak didukung oleh FDA AS (Food and Drug Administration) dan oleh ulasan Cochrane yang dihormati di bidang ini?

Pada akhirnya jawaban atas pertanyaan ini adalah bahwa tidak ada uji klinis "standar emas" yang telah dilakukan untuk menunjukkan bahwa tomat atau lycopene mencegah atau mengobati kanker prostat pada manusia.

Mengapa ilmuwan tidak melakukan studi semacam itu? Sayangnya studi standar emas, percobaan terkontrol acak fase III (RCT), biaya jutaan, dan membutuhkan waktu yang sangat lama. Sebelum penelitian semacam itu akan didanai, penelitian yang lebih kecil, seperti RCT tahap II, harus sangat menjanjikan. Dalam kasus tomat dan kanker prostat, bukti dari studi awal tidak konsisten.

Hasil dari percobaan fase II ekstrak tomat untuk mencegah perkembangan kanker prostat baru-baru ini telah diterbitkan. Pertama kita akan mengunjungi kasus yang menguntungkan manfaat tomat untuk menghargai konteks persidangan ini.

Dalam kasus tomat, bukti yang mendukung manfaat mereka untuk kanker prostat datang dalam dua bentuk. Yang pertama adalah dari banyak penelitian tentang kelompok manusia (studi epidemiologi), menunjukkan bahwa pria yang makan diet kaya tomat kurang cenderung mengembangkan kanker prostat.

Sebagian besar penelitian ini retrospektif - yaitu, mereka melibatkan meminta orang tentang diet mereka di masa lalu. Jenis studi ini, meskipun berguna, menderita masalah yang membuatnya sangat sulit untuk membuat kesimpulan tentang penyebab pasti dari perbedaan yang terlihat.

Misalnya, seseorang yang makan lebih banyak tomat, lebih cenderung makan makanan sehat yang kaya buah dan sayuran pada saat yang sama, karena itu mungkin efek keseluruhan dari diet sehat, daripada hanya tomat, yang bermanfaat.

Baris kedua bukti untuk manfaat tomat didasarkan pada studi laboratorium, pada sel yang ditumbuhkan di laboratorium dan pada hewan. Salah satu contohnya adalah bahwa penambahan likopen ke sel kanker prostat yang tumbuh di laboratorium dapat mengurangi kemampuan mereka untuk bergerak.

Ini menunjukkan bahwa likopen dapat mencegah penyebaran kanker. Bukti bagus berasal dari uji coba pada hewan seperti dari penelitian yang menunjukkan diet kaya tomat menurunkan insiden kanker prostat dan memperlambat perkembangan kanker pada tikus. Sayangnya tidak jarang hasil yang menjanjikan dalam penelitian pada hewan gagal bertahan dalam uji coba pada manusia.

Sekelompok ilmuwan dari Illinois di AS telah menerbitkan temuan uji acak terkontrol fase II (RCT) dari ekstrak tomat kaya lycopene untuk pencegahan perkembangan kanker prostat. Ini adalah versi skala kecil dari percobaan RCT standar emas.

Tidak cukup besar untuk menguji secara langsung apakah makan tomat menyebabkan lebih sedikit kasus kanker prostat pada pria. Sebaliknya penelitian ini mengamati tingkat PSA dan skor biopsi prostat setelah konsumsi tomat selama 6 bulan.

Laki-laki direkrut yang memiliki kondisi prostat yang disebut prostatic intraepithelial neoplasis bermutu tinggi (HGPIN), dianggap berisiko terkena kanker prostat. 58 pria secara acak dimasukkan ke dalam kelompok yang mengonsumsi tablet tomat kaya likopen setiap hari atau plasebo (tablet yang tampak serupa tetapi tidak mengandung lycopene).

Tes PSA dan biopsi prostat dibandingkan sebelum dan setelah enam bulan pengobatan. Sayangnya tidak ada perbedaan dalam tingkat PSA atau penanda pertumbuhan kanker antara kedua kelompok.

Percobaan ini dirancang dengan sangat baik, tetapi memiliki jumlah peserta yang relatif sedikit. Sayangnya hasil uji coba yang lebih kecil seperti ini membuat kecil kemungkinan bahwa RCT standar emas fase III akan dilakukan.

Jadi apa intinya? Haruskah pria dengan kanker prostat makan banyak tomat? Ya, jika tomat adalah bagian dari diet yang kaya buah dan sayuran, yang kita tahu bermanfaat untuk pencegahan dan pengobatan kanker.

Masih ada banyak bukti yang mendukung tomat dan lycopene dalam pencegahan atau pengobatan kanker prostat, tidak cukup untuk menjadi tak terbantahkan, tetapi cukup untuk gagasan itu tetap masuk akal.

Baca juga : Kanker Prostat Terbukti Dapat Disembuhkan Tanpa Harus Operasi, Ini Obatnya

0 komentar:

Posting Komentar

Obat Herbal Batu Empedu Tradisional

Popular Posts

Unordered List

Sample Text

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.